Sarongge, Adopsi Pohon Komunitas Sepeda Bridgestone

22 11 2011

Banyaknya lahan yang gundul akibat keserakahan manusia,isu perubahan iklim yang lebih kita kenal dengan istilah “Global Warming” menggerakkan hati kami untuk ikut bergerak dalam upaya penghijauan bumi.  Bertempat di Sarongge-Cianjur , komunitas sepeda Bridgestone Bekasi & Karawang (BCC & BRICCK) mengikuti kegiatan “Adopsi Pohon”, Program ini merupakan kerja sama antara pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dengan Green Radio Bekasi.

Gerbang

Gerbang Menuju Hutan Sahabat Green

Dipilihnya ‘Hutan Sahabat Green’ di sarongge, dikarenakan program ‘Adopsi Pohon’ ini kami rasa lebih efektif, ketimbang hanya program penanaman pohon saja. Tanaman yang kami adopsi akan terus dipantau oleh petugas setempat, dan dicatat letak koordinatnya menggunakan GPS. sehingga kami bisa memantau perkembangannya.

Kawasan Hutan Sahabat Green sebelumnya dikelola oleh Perhutani, dengan sistem “Tebang-Tanam”. sistem ini menyisakan kerusakan di kawasan hutan tersebut. Setelah pengelolaan hutan di serahkan ke Taman Nasional, dan sistem dirubah menjadi “Tanam” saja, lambat laun kawasan hutan menjadi lebih hijau. Di kawasan hutan tersebut, kini tidak diperbolehkan untuk menebang pohon, memburu binatang, dan hal-hal lain yang dapat merusak hutan.

Komunitas Sepeda Bridgestone, adalah komunitas sepeda pertama yang sampai di sarongge, awalnya panitia sempat was-was mengingat jalur yang ada sangat terjal, dan bahkan ada yang  memiliki kemiringan 60 derajat, namun kekhawatiran itu hilang setelah teman-teman dengan penuh semangat bisa sampai ke Camping Ground di Sarongge.

Kami berangkat dari Wisma Sarongge pukul 12:15 (19/11/11), awalnya kami mengira bahwa jalur yang akan dilalui akan mudah kami libas, namun ternyata sampai ujung perjalanan, kondisi jalan terus menanjak, dan mengharuskan kami untuk menuntun sepeda. Perjalanan selama 2 jam, terbayarkan ketika kami sampai di camping ground, makan siang telah menanti, dan kami lahap menyantap hidangan khas sunda. Acara berlanjut pada pengenalan jenis pohon endemis (pohon asli) yang tumbuh di hutan tersebut dan dilanjutkan dengan penanaman pohon.

Malam harinya kami berniat untuk mengadakan api unggun, namun karena cuaca yang tidak memungkinkan, hujan lebat, maka acara dibatalkan. Pagi harinya kami mengadakan “Jelajah Hutan”, dipandu oleh kang Dudu Duroni kami diperkenalkan jenis tanaman yang sudah tumbuh alami di hutan, selanjutnya kami di beri pertanyaan mengenai jenis pohon yang telah dikenalkan sebelumnya.

Pukul 10:00 (20/11/11) kami meninggalkan camping ground Sarongge. Pengalaman selama di sana tidak akan pernah terlupakan bagi kami. Semoga masih banyak lagi yang akan peduli, dan melakukan hal yang sama di Sarongge. Dengan ‘Adopsi Pohon’ diharapkan bisa menghijaukan kembali bumi kita, dan menjaga kelestariannya demi anak-cucu kita.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Aksi

Information

9 responses

22 11 2011
hedi

Ruuaaar biasa tulisannya segera kirim ke Mr. Billy HQ oke…bangeettt

22 11 2011
addinosaurus

Terimakasih kang, ini juga baru belajar nulis lagi, hehe. silahkan kalau mau dikirim ke kang bily🙂

22 11 2011
Ndra1

cape’na blon ilang euy…

27 01 2012
hasannuh

Mantap dah, sehat nih bersepeda terus, tinggal ane nih… ada sepeda yang bisa ane boncengin ga yah??? wkwkwkwk

22 10 2012
arsiyawenty

hallo salam kenal, saya sedang dalam penelitian untuk kasus kemiskinan dan kerusakan lingkungan, apakah kampung sarongge ini penduduknya masuk kategori itu ya secara general, terima kasih

23 10 2012
addinosaurus

Salam kenal juga, untuk kawasan hutan lindungnya memang agak jauh dari pemukiman warga, tapi dekat dengan pertanian warga. kalau menurut keterangan petugas sarongge yang juga warga disitu, warga menyewa lahan perhutani untuk dijadikan pertanian. namun demikian sepertinya warga sarongge masih berada di garis kemiskinan.

22 10 2012
arsiyawenty

penduduk di sekitar kampung sarongge, apakah petani juga?

23 10 2012
addinosaurus

Iya, rata rata mereka menanam sayur-sayuran seperti sawi ataupun wortel

21 06 2013
Ferlanzo

Besok tgl 22-23 juni temen2 Komunitas Sepeda Bridgestone Bekasi mau menanam mangrove ke Muaragembong akng ikut kah kesana, sepedaan Bridgestone Pd.Ungu -Muaragembong😀 #SaveMugo #SaveBekasi @BGreenAttack

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: